Ini Lho Syarat dan Tata Cara Buat Ngedapetin PBG

Sejak 31 Juli 2021 kemarin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) resmi menggantikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal ini ditandai dengan launching Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) versi baru oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tujuan dari peluncuran layanan berbasis web ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan izin PBG sebagai pengganti IMB. Layanan ini bisa Kamu akses lewat https://simbg.pu.go.id. Gak cuman PBG aja, layanan ini juga bisa buat ngurus Surat Bukti Kepemilikan Bangunan Gedung (SBKBG), Sertifikat Laik Fungsi (SLF), sampai Rencana Teknis Bangunan (RTB).

Buat ngajuin permohonan PBG ini juga gampang, Kamu tinggal nyiapin beberapa persyaratan dikumen aja. Dikutip dari laman https://simbg.pu.go.id, pemohon dalam mengajukan PBG terlebih dahulu harus melengkapi tiga kategori data berikut:

  • Data Pemohon atau Pemilik
  • Data Bangunan Gedung, serta
  • Dokumen Rencana Teknis

Khusus terkait dengan dokumen rencana teknis ini, ada beberapa macam dokumen di dalamnya, yakni:

Dokumen Rencana Arsitektur, dokumen ini mencakup data penyedia jasa perencana arsitektur, gambar denah, konsep rancangan, dan konsep ataupun denah terkait lainnya.

Dokumen Rencana Utilitas, mencakup perhitungan kebutuhan listrik, air bersih, limbah, sistem proteksi kebakaran, gambar sistem sanitasi, dan beberapa rancangan terkait lainnya.

Dokumen Rencana Struktur, mencakup gambar rencana struktur atas, gambar rencana struktur bawah, gambar rencana basement, sampai perhitungan rencana struktur dilengkapi data penyelidikan tanah untuk bangunan gedung lebih dari dua lantai.

Dokumen Spesifikasi Teknik Bangunan, mencakup keterangan jenis, tipe, sampai karakteristik material yang digunakan secara menyeluruh.

Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, maka Kamu sudah bisa memulai proses permohonan PBG secara online lewat website yang telah disediakan oleh pemerintah.

Oh ya, PBG ini sedikit berbeda dengan IMB. PBG adalah regulasi perizinan yang mengatur soal bagaimana bangunan harus didirikan.

Disadur dari rumah.com

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan