Hukum dan Peraturan Properti

Ini Lho Jenis jenis Tanah Kavling Dilihat dari Posisinya

Buat lo yang lagi mikirin investasi, nih, tanah kavling bisa jadi pilihan oke banget. Tanah kavling itu sebidang tanah yang luasnya udah diatur-atur, jadi bisa buat bangun rumah atau gedung. Harganya juga masih terjangkau, jadi banyak pengembang atau orang yang mau bangun rumah yang demen banget sama tanah model gini. Sebelum beli, penting banget buat lo ngeh itu jenis dan ukuran tanahnya, sesuai...

Ini Lho Jenis-jenis Tanah Kavling Dilihat dari Bentuknya

Bro, salah satu asset properti yang oke buat dijadiin investasi tuh tanah kavling. Tanah kavling itu sebidang tanah yang cukup luas, udah dipetak-petakin dalam ukuran tertentu buat dijadiin tempat tinggal atau bangunan, gitu. Harganya juga ga terlalu mahal, jadi banyak pengembang atau orang-orang yang mau bangun rumah sendiri yang cari. Sebelum beli, penting buat lo tau jenis dan ukuran tanah...

Gini Lho Caranya Mecah Sertifikat Tanah Kavling Beserta Kisaran Ongkosnya

Jadi begini, pemecahan sertifikat tanah kavling tuh adalah cara buat ngebagi-bagi satu bidang tanah jadi beberapa bagian. Jadi, sertifikat asli tanahnya bakal dimatikan dulu, trus diganti dengan sertifikat baru yang sesuai jumlah bagian-bagian tanah hasil pecahan. Biasanya, pemecahan sertifikat tanah kavling dilakukan buat urusan jual-beli atau pembagian waris. Dalam proses jual-beli, biasanya pecahan...

Cara Mengurus IMB Buat Rumah Yang Sudah Terlanjur Dibangun

Izin Mendirikan Bangunan atau IMB adalah sebuah dokumen perizinan yang dikeluarin sama pemerintah buat loe-loe pada yang mau bangun, renovasi, atau ngerobohin rumah. IMB lazimnya diurus ketika punya rencana bangun rumah, tapi sering kali juga ditemukan rumah yang udah lama berdiri tapi gak punya IMB. Nah, buat loe-loe pada yang mau ngurus IMB rumah yang sudah dibangun, cek ulasan artikel berikut...

Pentingnya Punya IMB Buat Legalitas Tempat Tinggal

Bro, ngomongin Izin Mendirikan Bangunan alias IMB nih, dokumentasi penting buat rumah lo! Udah tau belum alasan kenapa penting punya IMB buat tempat tinggal? Nih, gue jelasin santai aja! IMB itu Apa Sih? IMB tuh adalam dokumen perizinan yang dikeluarin sama pemerintah daerah setempat buat yang mau bangun, renovasi, atau merobohkan rumah. Lazimnya IMB diurus pas mau bangun rumah, tapi tak jarang...

Ini Syarat Punya 2 Meteran Listrik Dalam 1 Rumah

Semisal suatu saat Kamu mau membuka usaha di rumahmu, usaha es batu misalnya. Otomatis Kamu harus menyediakan listrik buat mesin pendinginnya. Lalu, Kamu kepikiran buat memasang meteran baru biar gak membebani meteran utama di rumah. Toh, kalau dipisah nanti perhitungan ongkos listrik antara kebutuhan rumah dan usaha jadi lebih gampang. Lantas, apa bisa memasang meteran listrik baru di rumah? Apa...

Beberapa Hal Yang Harus Kamu Pahami Soal Perumahan Dan Kawasan Permukiman

Sudah pasti pemenuhan kebutuhan dasar manusia mempunyai peran yang sangat krusial, yang utama pokoknya. PKP atau Perumahan dan Kawasan Permukiman merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. PKP ini merupakan satu kesatuan sistem yang meliputi 1) Pembinaan; 2) Penyelenggaraan perumahan; 3) Pemeliharaan; 4) Perbaikan; 5) Pencegahan; 6) Peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh;...

5 Jenis Sertifikat Tanah yang Harus Kamu Ketahui sebelum Membeli Tanah

Pastikan Kamu sudah tahu soal jenis-jenis sertifikat tanah yang ada di Indonesia sebelum Kamu membeli sebidang tanah supaya Kamu tak tertipu. Sertifikat tanah ini bisa menjadi acuan terkait legalitas tanah yang mau Kamu beli. Terus, Kamu juga bisa mengetahui hak kepemilikan yang sah atas sebidang tanah. Sertifikat tanah ini juga diperlukan kalau Kamu mau mengajukan pinjaman ke bank atau mendirikan...

Kabar Baik Buat Juragan Kos, Kini ‘Kos-kosan’ Bebas Pajak

Pemerintah mulai memberlakukan Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD). Salah satu efek dari terbitnya aturan ini adalah rumah 'Kos-kosan' bakal terbebas dari pengenaan pajak hotel sama pemerintah daerah. Dalam regulasi sebelumnya, yaitu UU No. 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD), dikatakan kalau...

Ini Lho Bedanya Rumah Sederhana, Menengah, dan Mewah Dari Segi Harga

Harga hunian yang dijual di pasaran itu sangat variatif. Salah satunya tergantung dari klasifikasi hunian itu sendiri. Sebab, di Indonesia ini terbiasa dengan tiga klasifikasi rumah, yaitu rumah sederhana, menengah, dan mewah. Ketiga klasifikasi itu tentu bisa dilihat dari segi tampilan dan fasilitas, tapi ternyata juga bisa dilihat dari segi harga jualnya juga lho. Pemerintah pun juga udah bikin...

Compare listings

Membandingkan