3 Cara Menyulap Antena Parabola Jadi Antena UHF

Dari Wikipedia, antena parabola itu antena yang punya jangkauan luas, biasanya dipakai buat komunikasi radio dan radar di spektrum UHF & SHF. Bentuknya kayak piringan dan bisa transmisi data kayak sinyal telepon, radio, TV, dan macam-macam data lain lewat gelombang. Tapi, orang lebih kenal antena parabola buat terima siaran TV satelit.

Sedangkan antena UHF itu antena yang didesain buat nangkap sinyal siaran dari frekuensi ultra tinggi (UHF). Sinyal UHF ini meliputi semua channel dari 14-83. Di beberapa daerah, kebanyakan siaran TV dari stasiun TV UHF, jadi buat nangkap sinyal TV lewat udara, bukan TV kabel atau satelit, perlu antena yang optimal. Siaran yang diterima antena UHF itu jenis analog.

Perlu diketahui, siaran analog bakal dimatikan sesuai program pemerintah yang mau pindahin siaran TV analog jadi digital. TV digital ini cuma butuh bandwidth lebih kecil dibanding TV analog.

Kali ini, mimin bakal kasih info cara ubah parabola jadi antena UHF. Buat yang penasaran, simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengubah Parabola Menjadi Antena UHF

Seperti yang kita tahu, antena parabola dipakai buat nangkap sinyal TV dan radio. Biasanya dipasang dengan dish parabola bentuk lempengan solid. Gimana caranya kalau mau ubah parabola jadi antena UHF?

Di sini bakal dijelasin cara bikin parabola jadi antena UHF pakai satu kabel aja. Artinya, kabel parabola dan antena UHF digabung jadi satu. Fungsi penggabungan ini buat nangkep channel yang sering terputus atau terhalang sesuatu, kayak bangunan. Karena sinyal UHF nggak bisa terdifraksi dengan baik kalau terhalang sesuatu.

Ada beberapa cara biar sinyal UHF tetap bagus di tempat-tempat sulit. Salah satunya dengan cara ubah parabola jadi UHF atau gabung keduanya. Ini dia langkah-langkahnya:

1. Menggabungkan Dua Antena

Langkah pertama, gabung dua jenis antena ini. Pakai pembagi coaxial yang punya satu port di satu sisi dan dua port di sisi lainnya. Siapin juga kabel coaxial RF buat hubungin port tunggal splitter ke port antena In di TV dan kotak converter digital. Sambungin antena parabola ke port splitter, begitu juga antena UHF. Jadi nanti, sambungan ini bakal kerja sebagai antena UHF dan VHF. Kunci sinyal setelah dapat saluran yang diinginkan. Kalau masih ada masalah, gerakin antena buat cari sinyal terkuat.

2. Sambungkan Dengan Kabel

Langkah selanjutnya, gabung kedua antena dengan pasang baut antena UHF di atas tiang parabola. Kedua antena dihubungkan pakai kabel twin lead 300 ohm.

3. Menambahkan Aksesoris Antena

Setelah digabung, tambahin aksesoris antena kayak saluran penangkap dan filter bandpass buat ngurangin interferensi. Jadi rotator nggak dibutuhkan lagi.

Dengan cara ini, semua channel bisa tampil lebih jernih di TV. Karena antena UHF nggak bisa nangkap semua channel dengan sinyal terkuatnya, cuma sebagian aja. Jadi, buat gabungin kedua antena ini, perlu alat bernama antena mixer.

Kenapa Perlu Mengubah Parabola Menjadi Antena UHF

Mengubah parabola jadi antena UHF itu penting karena antena UHF aja nggak cukup buat nangkap saluran dan hasilin gambar jernih. Banyak kekurangan dari antena UHF, kayak channel yang bisa ditangkap sedikit, kualitas gambar rendah, dan resolusi rendah apalagi di layar besar. Jadi, solusi terbaik adalah menjadikan parabola jadi antena UHF.

Disadur dari teknisitv.id

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan