Apa itu Fasad Bangunan? Apa Sih Fungsinya?

Yang pertama kali ditangkap oleh mata sewaktu melihat bangunan adalah bagian depan atau bagian luarnya. Tampilan luar sebuah bangunan biasanya merepresentasikan bagian dalam dan sang pemilik bangunan. Nah, bagian luar ini biasanya disebut dengan fasad.

Istilah fasad ini berasal dari bahasa Perancis façade yang berarti “wajah” atau “depan”. Kalau di Indonesia, fasad ini mengacu pada bagian luar atau bagian paling dewpan pada sebuah bangunan.

Fasad dalam dunia arsitektur bisa dibilang sebagai salah satu elemen yang penting, terutama kalau soal desain. Selain menciptakan kesan, fasad ini juga punya fungsinya sendiri lho. Mau tau soal fasad ini lebih lanjut, cek artikel berikut ini!

Fungsi Fasad pada Bangunan

1. Visual Pertama Sebuah Bangunan

Fasad yang ada di bagian depan berfungsi sebagai visual pertama pada sebuah rumah. Soalnya yang pertama kali dilihat orang adalah tampilan depannya. Fasad ini merupakan elemen pertama yang ditangkap secara visual, jadi pastinya sudah bisa ngasih gambaran pada bangunan.

2. Menunjukkan Identitas Sebuah Bangunan

Fasad pada sebuah rumah bisa menampakkan identitas pada gaya arsiteknya. Identitas itu mampu memberikan ciri khas atau karakteristik yang bikin dia berbeda dengan bangunan-bangunan lainnya.

Terus, fasad juga kerapkali digambarkan sebagai identitas sebuah karya arsitektur. Jadi, maklum aja kalau fasad bisa merepresentasikan karakter dan ciri khas sebuah bangunan bahkan dapat merepresentasikan sang pemilik rumah itu sendiri.

3. Mempengaruhi Suhu dalam Ruang

Tau gak sih, fasad itu juga bisa mempengaruhi suhu dalam ruangan lho. Gak banyak yang tahu kalau sedikit banyak fasad bisa mempengaruhi suhu yang ada di dalam ruangan. Ini bisa terjadi kalau pemilihan material fasad tepat.

Pemilihan material fasad yang tepat seperti batu dan kayu bisa membantu menyerap dan mengeluarkan kelembaban yang terjadi di dalam ruangan. Dengan begitu ruangan bakal punya tingkat kelembaban yang stabil.

Selain itu, material yang sesuai juga sanggup menyerap dan menyimpan panas pada siang hari. Dengan begitu, suhu ruangan bakal terjaga kehangatannya di malam hari. Fasad pun juga bisa membantu menjaga udara di dalam ruangan tetap segar dan bersih.

4. Nilai Komersial

Fasad ini juga punya nilai komersial. Soalnya yang dilihat pertama kali oleh calon pembeli adalah bagian fasadnya terlebih dahulu. Maka tak mengherankan kalau fasad bangunan tinggi seperti apartemen, hotel, atau perkantoran punya peran yang cukup besar.

Karena itulah, fasad perlu didesain dengan semenarik mungkin biar bisa mendongkrak nilai komersilnya.

Disadur dari eticon.co.id

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan