Bener Ga Sih, Rumah yang Madep Timur Harganya Selalu Lebih Mahal ?

Harga jual rumah ditentukan oleh banyak faktor di antaranya seperti luas dan lokasi, tetapi masih ada faktor lainnya salah satunya adalah arah bangunan.

Misalnya rumah yang bangunannya menghadap ke arah timur biasanya menjadi incaran banyak orang dan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi ketimbang rumah lainnya.

Hal itu disebabkan karena rumah yang menghadap timur memiliki banyak manfaat, bahkan rumah yang menghadap ke timur disebutkan membawa keberuntungan dalam fengshui.

Namun, apakah setiap rumah yang menghadap ke timur harganya selalu lebih tinggi ?

Menanggapi hal ini, Bambang Eka Jaya selaku Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) menerangkan bahwa arah hadap rumah tidak menjadi satu-satunya faktor penentu mahalnya harga jual.

Masih ada banyak faktor lain seperti letak dan posisi rumah, lebar jalan depan rumah, hingga seperti apa akses di sekitar rumah.

“Banyak faktor lain seperti lebar jalan di depannya, makin lebar makin mahal, lalu bentuk tanah kalau trapesium, apalagi segitiga pasti lebih murah,” terang Bambang, dilansir dari Kompas.com.

Kendati demikian, Bambang tidak menampik bahwa rumah yang menghadap timur memang memiliki sejumlah kelebihan tertentu.

Rumah yang menghadap ke timur akan mendapatkan paparan cahaya matahari di pagi hari. Penghuni akan mendapatkan dampak positif pada kesehatan dengan cahaya alami tersebut.

“Jadi ada alasan logisnya mengapa rumah hadap timur itu bagus dan diincar banyak orang. Salah satunya karena mendapatkan paparan cahaya matahari pagi lebih banyak dibanding arah yang lain,” imbuh Bambang.

Selain itu, arah tersebut juga sangat berfungsi untuk dapat menghindari paparan cahaya terik matahari pada siang hingga sore hari.

Karena itulah, rumah yang menghadap ke arah barat biasanya memiliki tirai atau penutup untuk menghindari panas matahari masuk ke dalam ruangan.

Oh ya masih ada lagi, rumah yang menghadap ke arah timur juga bagus untuk tanaman di teras karena paparan cahaya matahari pagi juga akan membantu tanaman tumbuh lebih subur dan sehat, penggunaan cat depan rumah pun juga cenderung lebih awet.

Disadur dari kompas.com


Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan