Ini Lho Bedanya Air Sumur Bor dan Air PDAM, Kamu Harus Paham Nih!

Air tuh penting banget, ya, buat semua kebutuhan sehari-hari, kayak minum, masak, cuci, dan mandi. Makanya, air yang dipake di rumah harus yang bagus kualitasnya, biar lo dan keluarga bisa tetep sehat dan nyaman.

Biasanya, ada 2 sumber air yang dipake di rumah, yaitu air PDAM sama air sumur bor. Nah, lo harus memahami perbedaan dari 2 sumber air itu, biar bisa milih mana yang paling cocok buat rumah lo.

Apa itu Air PDAM dan sumur bor?

Air PDAM atau yang sering disebut air ledeng, itu adalah air yang dikelola sama pemerintah lewat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Jadi, sumber airnya bisa dari sungai, danau, atau waduk, yang kemudian diolah dan dialirin ke rumah-rumah lewat pipa distribusi.

Air PDAM ini diolah di tempat khusus yang punya macem-macem fasilitas, kayak filtrasi, koagulasi, sedimentasi, desinfeksi, sampe penyesuaian pH. Pokoknya, prosesnya banyak, tujuannya biar airnya bersih dari kontaminan, patogen, dan bahan berbahaya.

Kalo air sumur bor, beda lagi. Ini berasal dari tanah, dari lapisan yang namanya akuifer. Jadi, teknisnya, kita gali tanah sampe ke lapisan itu, terus pasang pipa sama pompa buat ambil airnya. Kualitas air sumur bor tuh bakal ngikutin komposisi kimia dan mineral di lapisan tanah tempat sumur itu dibuat.

Perbedaan Air PDAM dan Air Sumur Bor

Mengutip PDAM Pintar, Kamis (30/11/2023), ada sejumlah perbedaan mendasar antara air PDAM dan air sumur bor. Berikut penjelasannya.

1. Sumber, Kualitas, dan Pengolahan Air

PDAM: Dari sungai, danau, atau waduk, bro. Udah diolah sedemikian rupa buat ngilangin segala kontaminan dan bahan kimia berbahaya sebelum nyampe ke rumah,.

Sumur Bor: Ini dari mata air bawah tanah, lapisan akuifer gitu. Kualitasnya dipengaruhi komposisi tanah sekitar, bisa ada mineral, logam berat, atau bahan organik. Harus diawasin terus, biar airnya tetep sehat buat digunakan.

2. Ketersediaan Air

PDAM: Dijamin cukup, ada sistem distribusi yang diatur pemerintah. Cuma kadang, ada aja masalah, kayak pipa rusak atau mati air yang perlu diperbaiki.

Sumur Bor: Bergantung sama kondisi air tanah di area lo. Ada yang berlimpah, ada yang kekeringan, jadi lo perlu awasin level air tanah biar ga kehabisan.

3. Biaya

PDAM: Ini dia, yang sering bikin kantong kering. Abis bulanan atau tahunan, bro! Emang bisa lebih mahal dibanding sumur bor.

Sumur Bor: Lebih murah dalam jangka panjang. Biaya bikin sumur dan perawatannya biasanya lebih terjangkau. Tapi jangan lupa, ada biaya pemeliharaan dan tes berkala juga, ya!

4. Keandalan

PDAM: Stabil banget, bro! Pemerintah jaga biar pasokan airnya nggak kenapa-napa, pipa terpusatnya pun dijaga.

Sumur Bor: Ini bisa kurang stabil, terutama kalo air tanah lagi turun pas musim kemarau. Rusaknya peralatan sumur juga bisa ganggu pasokan air.

Disadur dari detik.com

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan