Begini Caranya Membersihkan Lap Dapur biar Gak Bau dan Kinclong Lagi

Lap, itu kayak salah satu perlengkapan dapur wajib yang hampir ada di setiap rumah. Fungsinya buat ngeringin perlengkapan dapur, mulai dari piring, sendok, peralatan masak, sampe meja dapur.

Biasanya lap dapur itu terbuat dari kain yang bisa nyerap air. Jadi, bisa dicuci dan dipake lagi berkali-kali.

Tapi, lap dapur juga perlu dijaga kebersihannya biar gak kotor dan bau. Cara bersihinnya sih gampang, bisa dicuci pake tangan atau dimasukin mesin cuci. Dikutip dari Southern Living, Selasa (23/4/2024), ini dia tips buat bersihin lap dapur biar keliatan kinclong dan gak bau.

Cuci lap dapur terpisah dari yang lain

Kalo perlengkapan dapur udah super kotor, lebih baik dicuci sendiri daripada dicampur sama baju-baju lain. Sebelum dicuci bener-bener, pastiin dulu bersihin sisa makanan atau kotoran yang nempel. Setelah itu, masukin lap dapur ke mesin cuci dan jalankan siklus pencucian kayak biasanya. Abis itu, keringin lap sebelum dipake lagi.

Lebih baik pake air panas

Tips selanjutnya buat bersihin lap dapur itu pake air panas. Kalo mau cuci lap pake mesin cuci, lebih baik bilas dulu lapnya pake air panas. Soalnya, biasanya air panas yang keluar dari pipa mesin cuci gak sepanas itu pas udah masuk ke dalam drum pencucian. Dengan cuci lap pake air panas, semua kotoran dan kuman yang nempel bisa keangkat, jadi lapnya bakal bersih total.

Pake pemutih buat bersihin kotoran di lap dapur

Lap dapur lebih baik dibersihin pake pemutih buat bunuh bakteri yang bisa tumbuh di lap yang kotor. Kalo cuci pake mesin cuci, mendingan sih larutan pemutihnya dimasukin ke dispenser pemutih biar gak langsung kena handuk. Kalo lapnya gak bisa pake pemutih atau gampang luntur, cukup cuci lap pake air panas aja buat bunuh kuman yang berbahaya.

Jadi, itu dia beberapa tips buat bersihin lap dapur. Jangan lupa, bersihin lap secara rutin ya, kalo perlu langsung cuci lap abis dipake biar gak keburu kotor dan bau.

Disadur dari kompas.com

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan