Bisa Gak Sih WNA Beli Rumah di Karimunjawa ? Begini Aturannya

Jagat dunia maya diramaikan dengan adanya proyek perumahan di Taman Nasional Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang dijual untuk Warga Negara Asing (WNA).

Sebuah situs dengan nama The Startup Island memberikan penawaran pembelian unit rumah di Pulau Karimunjawa yang dibanderol dengan harga 49.500 Euro atau kurang lebih sebesar Rp 808 juta.

Kan timbul pertanyaan, memangnya bisa ya WNA beli rumah di Karimunjawa, atau di Indonesia secara umum?

Nah, walaupun memang bukan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), ternyata WNA juga mendapatkan hak dari pemerintah untuk dapat memiliki rumah tapak atau rumah susun, tapi tentunya tetap harus sesuai dengan aturan yang berlaku

Tidak semua WNA bisa bebas memiliki rumah di Indonesia, hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 18 tahun 2021, tentang Hak Pengelolaan, Hak Atas Tanah, Satuan Rumah Susun dan Pendaftaran Tanah.

WNA yang mendapatkan izin adalah mereka yang keberadaannya memberikan manfaat, melakukan usaha, bekerja, atau berinvestasi di Indonesia.

Jika seorang WNA ingin memiliki hunian atau rumah tempat tinggal, maka Ia harus memiliki dokumen keimigrasian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Rumah tempat tinggal atau hunian yang bisa menjadi milik WNA juga merupakan rumah tapak di atas tanah yang memiliki hak pakai atau hak pakai di atas hak milik, berdasarkan perjanjian pemberian hak pakai di atas akta.

Rumah tapak yang dimiliki WNA juga wajib memiliki hak Pengelolaan, berdasarkan perjanjian pemanfaatan tanah dengan pemegang Hak Pengelolaan.

WNA juga diperbolehkan untuk memiliki rumah susun dengan hak pakai atau hak guna bangunan di atas tanah negara, dan tanah hak milik.

Namun, rumah susun (rusun) yang dapat dimiliki oleh WNA bukanlah sembarang rusun, seperti halnya yang dapat dimiliki oleh WNI. 

Rusun yang dapat dimiliki oleh WNA adalah Satuan Rusun yang dibangun di kawasan ekonomi khusus, kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas, kawasan industri, dan kawasan ekonomi lainnya.

Bila seiring berjalannya waktu, WNA yang memiliki rumah tempat tinggal atau hunian tersebut meninggal dunia maka rumah tinggal atau hunian tersebut bisa diwariskan kepada ahli waris.

Disadur dari kompas.com

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan