Segini Harga Sertifikat Tanah di Atas Rp 2,5 Miliar

Tanah merupakan salah satu harta yang sangat berharga. Untuk memperolehnya pun harus melalui rangkaian proses yang njelimet. Tanah pun juga bisa menjadi aset investasi yang menjanjikan keuntungan besar terutama untuk tabungan masa depan.

Ketika Kamu membeli sepetak tanah, jangan lupa untuk segera mengurus sertifikat atau aktanya agar Kamu memiliki jaminan hukum atas tanah tersebut.

Biasanya sertifikat tanah dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang ditunjuk oleh kantor pertanahan di wilayah tertentu. Dalam proses pembuatan sertifikat, Kamu sebagai pengguna jasa PPAT, Kamu wajib menyetorkan sejumlah uang jasa.

Namun, besaran uang jasa yang Kamu bayarkan tidak boleh asal-asalan lantaran semuanya telah diatur dalam peraturan menteri (Permen) Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/KBPN) Nomor 33 tahun 2021 tentang uang jasa PPAT.

Nah, jika Kamu membeli tanah dengan nilai lebih dari Rp 2,5 miliar, maka uang jasa yang harus Kamu setorkan maksimal 0,25 persen dari harga transaksi tanah.

Jadi, semisal tanah yang Kamu beli harganya Rp 3 miliar, maka jumlah uang jasa yang harus Kamu bayarkan kepada PPAT adalah Rp 7,5 juta.

Uang jasa tersebut sudah termasuk dengan honorarium saksi dalam pembuatan akta. Jadi tidak perlu lagi ada biaya tambahan yang ditagihkan. 

Besaran uang jasa tergantung pada nilai tanah. Jika nilai tanah tidak lebih dari Rp 500 juta, maka uang jasa pembuatan sertifikat adalah 1 persen dari nominal transaksi .

Untuk nilai tanah maksimal Rp 1 miliar, maka uang jasa yang harus dibayarkan adalah 0,75 persen dari nominal transaksi. Sedangkan nilainya lebih dari Rp 1 miliar hingga Rp 2,5 miliar, maka besar uang jasa yang diterima PPAT adalah sebesar 0,5 persen dari nominal transaksi.

Dengan mengetahui informasi ini, maka Kamu bisa menghitung sendiri berapa total biaya yang harus Kamu siapkan ketika akan mengurus sertifikat tanah ke PPAT.

Disadur dari kompas.com

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan