Pengen Ngontrakin Rumah? Cek Dulu 10 Hal Ini

Nyewain  atau ngontrakin rumah utuh kepada orang lain adalah hal yang masih banyak dilakukan masyarakat, terutama di daerah perkotaan.

Ada alasannya sendiri kenapa kok pada akhirnya seseorang harus ngontrakin rumahnya, itu bisa karena harus pindah ke tempat baru, gak sreg sama bangunan atau lokasi yang ditempati dan lain sebagainya. Daripada harus dijual, mending dikontrakin aja kan, hitung-hitung biar tetap punya properti yang lain.

Nah, bila suatu saat akhirnya ada orang yang mau ngontrak di rumahmu, maka Kamu perlu ngelakuin hal-hal tertentu. Soalnya, beberapa anggota keluarga lain bakal datang untuk tinggal di rumahmu.

Keluarga yang ngontrak dirumahmu mungkin bakal merusak rumahmu dan bikin segala sesuatunya jadi kacau, sehingga gak lagi semulus sebelum dikontrakkan.

Dikutip dari sejumlah sumber, Kamis, (31/12/2020), penting bagimu buat memperoleh semua informasi tentang orang yang bakal ngontrak di rumahmu, sebelum terjadinya kesepakatan.

Baru kemudian, omongin kondisi rumah punyamu kepada calon penyewa dengan benar sambil nunjukin rumah yang bakal kamu kontrakin.

Nah, pada artikel kali ini Kita bakal ngebahas beberapa poin-poin tertentu yang harus diingat sebelum menyelesaikan kesepakatan apa pun. Berikut ini hal-hal yang perlu Kamu perhatiin sebelum ngontrakin rumahmu:

1. Cek Background Penyewa

Pastiin deh, cek dulu latar belakang calon penyewa, termasuk ke polisi. Nggak ada catatan kriminal kan lebih baik. Trus, tanya juga soal pekerjaannya, biar tau dia punya kemampuan bayar sewa atau nggak.

2. Diskusi Detail

Bahas segala detil sama calon penyewa sebelum bikin kesepakatan, termasuk soal pembayaran bulanan, uang muka, kapan jatuh tempo pembayaran, dan lain-lain.

3. Nawarin Negosiasi

Kamu bisa aja nawarin diskusi soal hal-hal kayak hewan peliharaan, pengecatan ulang, furnitur, dan sejenisnya.

4. Atur Jadwal Cek Lokasi

Kalo mau, boleh aja deh kamu kunjungin rumah yang bakal kamu sewain buat dicek. Tapi pastiin dulu sama penyewa kapan waktu yang tepat buat kunjungan.

5. Bahas Biaya Tambahan

Perhatiin banget soal biaya-biaya kecil selain sewa, kayak listrik, gas, air, sampah, dll. Jangan lupa diskusikan ini.

6. Dokumentasi Penting

Jangan lupa simpen semua komunikasi dengan penyewa. Penting banget ada bukti tertulis tentang segala hal.

7. Minta Data Pribadi

Mintalah data diri asli penyewa, kayak KTP, buat menghindari masalah di masa depan.

8. Hati-hati dengan Perantara

Kalo ada agen perantara, tetep hati-hati ya. Lebih baik ketemu calon penyewa langsung.

9. Buat Asuransi

Beli asuransi itu penting banget buat melindungi rumahmu dari kerusakan besar yang mungkin dilakukan penyewa, dan juga dari masalah hukum.

10. Siapin Rumah dengan Baik

Sebelum diserahkan ke penyewa, pastiin rumah udah dicat dan bersihin dengan baik. Biar mereka bisa langsung nyaman tinggal di sana.

Semoga tips ini membantu kamu dalam proses menyewakan atau ngekos rumah!

Disadur dari kompas.com


Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan