Survei Lokasi Itu Penting, Ini Lho 5 Manfaat Ngecek Lokasi Rumah

Apakah Kamu punya rencana mau beli rumah dalam waktu dekat ini? Sebelum Kamu bertransaksi, ada baiknya lho mempertimbangkan beberapa hal. Gak cuma harga rumahnya aja, tapi juga lokasi rumah kudu jadi perhatian utama sebelum membeli rumah.

Paham soal lokasi rumah yang jadi incaranmu itu penting, biar ke depannya Kamu gak menyesal atau rugi secara finansial. Karena itulah, pastiin dulu Kamu udah survei atau ngecek lokasi sebelum tanda tangan kesepakatan.

Nah, berikut adalah manfaat-manfaat yang Kamu dapetin ketika survei lokasi rumah incaranmu, cekidot skuy!

1. Melihat kondisi bangunan rumah secara riil

Kamu bisa melihat langsung kondisi bangunan rumah incaranmu. Kamu bisa mengukur sendiri apakah rumah itu layak huni atau tidak karena melihat kondisi bangunan fisik dan spesifikasi rumah secara langsung.

Hal-hal yang perlu Kamu perhatiin di antaranya adalah atap, lantai, pintu, jendela, sambungan listrik, kekokohan dinding, dan lain sebagainya. Pastikan juga ada pencahayaan yang baik.

Jangan terburu-buru, sabar. Cobalah untuk melakukan pemeriksaan kondisi bangunan rumah secara teliti buat menghindari kerugian.

2. Cek reputasi dari developer properti

Semisal Kamu punya keraguan dengan pihak developer atau pengembangnya, maka dengan survei lokasi keraguanmu bisa terjawab. Memilih pengembang dengan track record yang baik itu penting lho, apalagi kalau Kamu beli rumah secara inden atau belum dibangun.

Dengan terjun langsung ke lokasi kan otomatis Kamu bisa melihat perkembangan pembangunan yang dilakukan oleh pengembang tersebut. Dengan begitu, Kamu bisa terhindar dari penipuan pengembang abal-abal.

3. Memprediksi jarak lokasi rumah

Dengan ngecek lokasi maka Kamu jadi lebih bisa mengira-ngira jarak lokasi rumah dengan tempat kerja atau pusat kota. Ini penting biar nantinya gak muncul masalah baru lagi.

Kalau lokasi rumah incaranmu jauh dari pusat kota, pastiin sudah tersedia akses dan transportasi umum yang memadai jadi gak mengganggu mobilitas sehari-hari.

4. Melihat fasilitas apa saja yang tersedia

Kalau rumah incaranmu ada di dalam sebuah perumahan, pastiin Kamu cari tahu soal fasilitas-fasilitas yang tersedia. Apalagi kalau pengembang memang menjanjikan berbagai fasilitas, wajib hukumnya Kamu periksa. Fasilitas-fasilitas ini penting karena bisa menunjang kebutuhan hidupmu.

5. Memastikan keamanan di lingkungan lokasi rumah

Kamu juga bisa memastikan keamanan lingkungan dari rumah incaranmu. Pastikan rumah yang Kamu incar berada di lingkungan yang aman dari potensi tindak kriminalitas. Jangan ragu buat bertanya pada pengembang, misal soal CCTV di lingkungan perumahan, sudah pernah terjadi kasus atau tidak, dan lain sebagainya.

Disadur dari garderns.id

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan